Apa itu SATA CARD ?

Serial drive attachment teknologi canggih (SATA) adalah berbagai hard drive yang umum di komputer modern. Komputer lama tidak memiliki fungsionalitas SATA dan tidak dapat menggunakan drive. Untuk mengatasi batasan ini, komputer lama mungkin menggunakan kartu SATA untuk memungkinkannya menyambungkan satu atau lebih drive SATA. Kartu SATA adalah jenis kartu ekspansi yang mirip dengan kartu suara atau video. Kartu-kartu ini menawarkan akses ke drive modern yang besar, tetapi cenderung bermasalah dan sulit dikonfigurasi.

Kartu SATA tipikal menggunakan slot ekspansi peripheral component interconnect (PCI). Slot ini sering digunakan untuk memasang kartu jaringan tambahan, kartu port, dan kartu suara. Mereka umum di sebagian besar komputer pribadi standar. Satu-satunya mesin yang tidak memiliki slot ekspansi adalah sistem yang sangat ringkas, seperti komputer game atau sistem desktop portabel lainnya.

Kartu SATA memungkinkan pengguna tanpa kapasitas SATA untuk menggunakan drive SATA atau pengguna dengan sistem SATA untuk menggunakan drive tambahan. Kartu-kartu ini berisi pengontrol, mirip dengan yang standar pada motherboard. Pengontrol ini bertindak seperti perpanjangan dari sistem utama motherboard, memungkinkan penggunaan drive tambahan. Kartu SATA standar memiliki ruang untuk satu hingga empat drive internal dan nol hingga dua drive eksternal.

Bergantung pada usia komputer dan jenis kartu SATA yang terpasang, pengguna akan mendapatkan hasil yang berbeda. Beberapa komputer menonaktifkan drive yang terpasang di komputer demi drive yang dipasang melalui kartu. Sistem lain akan mengalami kesulitan menggunakan drive SATA internal dan eksternal secara bersamaan.

Sebagian besar motherboard lama menggunakan lampiran teknologi canggih paralel atau antarmuka elektronik drive terintegrasi (PATA dan IDE) untuk drive mereka. Sistem ini biasanya memungkinkan empat drive beroperasi pada satu komputer. Beberapa sistem lama memiliki batas empat hard disk yang tertanam dalam sistem; untuk menginstal drive baru, port lama harus dinonaktifkan.

Beberapa kartu SATA memiliki batasan jumlah port aktif pada waktu tertentu. Misalnya, kartu dengan dua port internal dan satu port eksternal mungkin merupakan kartu 'dua port', meskipun memiliki ruang untuk tiga drive. Saat drive dicolokkan ke port eksternal, salah satu port internal tidak akan berfungsi. Ini sangat umum pada kartu SATA lama dan menjadi kurang umum sejak itu.

Sementara beberapa kartu SATA hanyalah ekspander drive, beberapa juga berisi chip redundant array of independent disks (RAID). Ini memungkinkan pengguna untuk menyambungkan drive ke kartu dan menyiapkan RAID di dalam komputer mereka. Penggerebekan ini tidak tergantung pada sistem disk normal, membuatnya sangat cocok untuk pencadangan dan penyimpanan jangka panjang.